Jumat, 07 September 2012

Membuat Jaringan Client Server

Topologi Jaringan Client-Server
Membentuk jaringan yang tepat bagi suatu organisasi adalah penting untuk membuat jarinan besar waktu dan uang anda. Sementara Jaringan Peer to Peer serinng kali menjadi pilihan yang baik untuk jaringan kecil,di lingkungan yang tidak lebih dari 10-15 komputer, Jaringan peer-to-peer mulai menjadi lebih sulit komputer anda,dan menjadikannya leb¬ih lambat,terkadang anda pernah tidak bisa menemukan file yang anda cari,keamananya pun kurang.Jika hal ini terjadi pada organisasi anda,mungkin saatnya beralih pada Jarinagn Client Server dengan membawa di server yang didedikasikan untuk menangani beban. Server ini disebut "khusus" karena dioptimalkan untuk melayani permintaan dari para "klien" komputer dengan cepat.
Ada banyak sistem operasi yang berbeda untuk server seperti sistem operasi yang berbeda untuk komputer desktop. Windows Server Windows Server (NT, 2000, dan 2003), Linus, dan Novell Netware adalah tiga sistem operasi jaringan utama pesaing.
Aplikasi server dapat dirancang untuk hampir semua tujuan seperti dari fax server ke server akses jauh. Setiap aplikasi akan memiliki persyaratan server tertentu, dan akan biasanya dirancang untuk berjalan di kedua Windows NT/2000, Linux, atau Netware.Banyak server sering menjalankan beberapa aplikasi (seperti e-mail dan fax) untuk melayani berbagai kebutuhan.
Cara Membuat Jaringan Client Server dengan dua computer .
Alat – alatnya adalah :
Dua buah PC yang sudah terpasang LAN card ,dua buah kabel UTP berjenis Straight,satu buah Switch
Langkah-Langkah dasarnyanya adalah :
Pasangkan kedua PC tersebut dengan kabel UTdengan urutan dari computer satu dihubungkan ke Switch,kemudian dari switch dihungkan ke computer dua.
Lakukan pemberian IP Address pada computer satu yang bertugas sebagai server :
-EX : IP : 192.168.1.1 SM : 255.255.255.0 GW : 192.168.1.10
Lakukan pemberian IP Address pada computer dua yang bertugas sebagai client:
-EX : IP : 192.168.1.2 SM : 255.255.255.0 GW : 192.168.1.1 (Gateway dari IP Server)
Cara melakukan pemberian IP Address,Subnet Mask,dan Gateway:
Klik Start,pilih control panel,pilih Network connection,klik tombol properties,lalu sorot Internet Protokol,TCP/IP,Klik Properties,Klik pilihan (use the following IP Address),Lalu isi kolom (IP Address,Subnet Mask, dan Gateway),jika sudah terisi dengan benar klik OK.

0 Comment:

Posting Komentar